Biografi Project Pop

Project pop

Project pop

Project Pop

Bandung


Biografi :


Berawal pada 4 Desember 1982, dimana saat itu sekelompok mahasiswa dari Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran dan Fakultas Ilmu Sosial & Politik Universitas Katholik Parahyangan, yang mendirikan sebuah kelompok di luar kegiatan kuliah yang bernama PADHYANGAN, tentu saja singkatan dari Padjadjaran dan Parahyangan.

Kelompok ini didirikan sebagai suatu wadah untuk menyalurkan bakat dan ide-ide gila anggota-anggotanya terutama dalam bidang seni. Seni panggung yang ditampilkan Padhyangan adalah sejenis drama komedi yang mengandalkan musik untuk menyampaikan ceritanya yang dikenal dengan istilah ‘kabaret’.

Pertama kalinya melakukan pertunjukan komersial pada 1986 di berbagai kota di Jawa Barat, yang acaranya diselenggarakan oleh sebuah radio swasta di Bandung. Selain itu anggota kelompok ini pun dari tahun ke tahun datang dan pergi, karena memang tidak ada aturan yang jelas untuk jadi anggota selain sebagai seorang mahasiswa atau mahasiswi.

Beberapa personel tetap memperkuat sekaligus menjadi tulang punggung organisasi tersebut, seperti Iszur Muchtar dan Denny Chandra, yang mulai aktif di Padhyangan sejak tahun 1984, disusul Daan Aria, Joehana, Iang Darmawan, dan Wawan Hanura yang mulai aktif tahun 1986.

Pada dekade 1988 hingga 1993, keenam orang itu juga mulai aktif sebagai penyiar acara humor di Radio OZ.

Memasuki tahun 1994, orang-orang yang semakin kumat itu bertambah menjadi tujuh orang, yaitu dengan masuknya Denden Hermann. Mereka kemudian nekat membuat album rekaman lagu-lagu komedi plesetan (Parodi, istilah kerennya). Seiring dengan kesuksesan album tersebut, mereka kemudian tampil -untuk pertama kalinya- dalam acara komedi reguler di SCTV yang diberi nama Project-P. Dari situlah mereka kian dikenal di dunia hiburan, khususnya dalam bidang komedi.

Berbarengan dengan suksesnya acara Project-P di SCTV dan album lagu parodi mereka laris di pasaran, di penghujung 1994 sebagian besar anggota Padhyangan, yakni Iszur Muchtar, Denny Chandra, Daan Aria, Joehana, Tika Panggabean, Iang Darmawan, Wawan Hanura dan lain-lain, sepakat mengembangkan bakat mereka ke bidang hiburan yang lebih profesional.

Usai perceraian itulah maka pada 4 Desember 1994 mereka mendirikan kelompok yang diberi nama P-Project. Hingga saat ini walaupun belum terbentuk menjadi organisasi yang ideal dan profesional, P-Project masih aktif dan produktif di bidang hiburan, khususnya komedi.

Untuk tetap mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan khususnya di bidang komedi, sejak dini P-Project telah melakukan regenerasi dengan membuat sebuah kelompok yang diberi nama Project Pop. Kelompok ini memiliki 7 orang personil inti yang terdiri dari Kartika Rachel Panggabean (Tika), Djoni Permato (Udjo), Hermann Josis Mokallu (Yossi), Gumilar Nurohman (Gugum), Hilman Mutasi (Hilman), Muhammad Fachroni (Oon), dan W Rudi Astadi (Odie). Kelompok Project Pop ini diberi kebebasan untuk berkreasi sendiri tanpa harus selalu bergantung kepada P-Project, tetapi mereka tetap menjadi bagian dari induk kelompoknya yaitu P-Project.

Misi dari P-Project itu sendiri adalah membuat suatu badan usaha secara profesional untuk menjadi market leader dalam bidang jasa hiburan, khususnya komedi di berbagai media (panggung, televisi, radio, media cetak, dan internet).

Published in: on May 5, 2009 at 5:48 am  Comments Off on Biografi Project Pop  
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
%d bloggers like this: