Biografi Dewiq

Dewiq- Pencipta lagu Termahal

Dewiq

Dewiq

Kiprahnya Dewiq di panggung musik Indonesia makin berkibar saja. Banyak sudah lagu-lagu hits yang diciptakannya. Dan penghargaan Hit Maker dari SCTV Music Awards baru-baru ini memang patut diraihnya. Tak heran kalau pencipta/penyanyi ini sekarang disebut-sebut sebagai penggubah termahal dengan bayaran 1 milyar. Tapi bayaran sebesar ini tak berarti apa-apa bagi Dewiq.

Lagu-lagu indah ciptaan Dewiq ini biasanya diinspirasi dari kehidupan sehari-hari dan curhat teman-temannya. “Ada yang terlintas dibikin aja,” ungkap Dewiq saat ditemui acara bedah buku di Universitas Al Azhar Indonesia hari ini (Kamis, 05/06/08).

Banyak penyanyi yang meminta Dewiq menciptakan lagu buat mereka. Namun kesuksesannya tak terlepas dari peran suaminya, mantan gitaris Slank, Pay. Tetapi mendapat penghargaan dan penghasilan banyak, bukan orientasi Dewiq dalam berkarya. Baginya penghargaan tertinggi dalam karirnya adalah penerimaan orang pada karyanya.

Kepiawaian Dewiq dalam mencipta lagu memang patut diacungi jempol. Dalam waktu 10 menit, Dewiq mampu membuat sebuah karya yang indah, misalnya seperti lagu yang diciptakannya untuk Marcell, Jernih dan Agnes Monica,Cinta di Ujung Jalan.

Soal banyaknya permintaan lagu dan bayaran yang tinggi, Dewiq tak terlalu menganggapnya serius, baginya menulis lagu itu hanya bagian dari seni. “Biasa aja, masih banyak yang lebih bagus dari aku. Mencipta lagu itu sebuah kesenian, nggak bisa diukur dengan materi. Ada kenaikan budget, lumayan buat surfing di Bali selama setahun,” ungkapnya.

Dengan sukses membuahkan karya-karya hits, apa ada keinginan bagi Dewiq untuk meluncurkan album sendiri? “Ah, nggak. Nggak ada niat bikin album. Tapi memang berencana bikin band. ” Menurut Dewiq bikin album itu ribet, harus ada promosi dan lain-lainnya, sementara dia tak suka diatur-atur, lebih senang berada di belakang layar.

Mencipta lagu, awalnya hanya sebagai sarana untuk mendapat uang. Saat itu Dewiq sangat ingin membeli drum dan membantu suaminya – yang pecandu narkoba – tapi akhirnya keterusan sampai sekarang. (kpl/mai/erl)

Published in: on April 30, 2009 at 3:47 pm  Comments Off on Biografi Dewiq  
Tags: , , , , , , , , , ,
%d bloggers like this: