Sekolah Bertaraf Internasional

Sejak digulirkannya rencana pelaksanaan program SDIP (School Development Invesment Plan) yang dalam perjalanannya berubah menjadi SBI (Sekolah Nasional Bertaraf Internasional) keluarga besar SMAN 1 Blora terus berbenah dan dengan serius mempersiapkan diri.

Pelaksanaan program SBI merupakan tantangan yang tidak ringan yang harus dijawab oleh sekolah yang ditunjuk. Begitu juga dengan SMAN 1 Blora, sekolah yang memiliki banyak prestasi ini dalam tiga tahun ke depan akan dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga bertaraf internasional, tentu merupakan pekerjaan yang membutuhkan pemikiran ekstrakeras. Semua komponen sekolah dengan manajemen kepala sekolah secara bersama-sama telah mulai melakukan pembenahan sekitar satu tahun untuk melakukan persiapan sehingga benar-benar siap sebagai sekolah pelaksana SNBI mulai Tahun Pelajaran 2006 / 2007. Pelatihan bahasa Inggris dan ICT adalah menu pokok guru-guru SMAN 1 Blora. Kelas dengan ruang ber-AC yang dilengkapi dengan komputer dan LCD juga merupakan keharusan yang harus disiapkan.
Gambaran sederhana pelaksanaan SBI adalah sekolah yang dalam proses pembelajarannya menggunakan kurikulum adaptif dengan pendekatan multi metoda, multi media dan berbasis ICT, juga menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (bilingual) sebagai pengantar.
Berikut merupakan sekilas dasar pemikiran, mutu lulusan yang dikehendaki, program yang akan dilaksanakan dan hal lain yang berkaitan dengan persiapan SMAN 1 Blora menjelang pelaksanaan SBI.

Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan Menurut PP 20/2003

1. Demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunujung tinggi hak azasi manusia.
2. Memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.
3. Membudayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaran dan pengendalian mutu layanan pendidikan.

Prasyarat SBI

1. Kurikulum Nasional (modifikasi)
2. Wajib mengikuti UN
3. Ujian Internasional (optional)
4. Proses Pembelajaran dan Manajemen (standar internasional)
5. Berbasis pada kultur Indonesia
6. Tidak eksklusif (semua aspek dikembangkan)
7. Merit sistem dalam penerimaan siswa (akses untuk siswa miskin setara)

Mutu Keluaran SBI yang dikehendaki
Standar kompetensi lulusan yang mampu bersaing di level internasional. Dengan indikator pencapaian :

* Siswa yang mempunyai integritas moral yang tinggi, beragama, jujur, pemecah masalah, mampu mengidentifikasi, mendifinisikan, dan menganalisa persoalan, mampu menformulasikan alternatif-alternatif pemecahan dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai hidup, mampu membuat pilihan yang tepat dari alternatif-alternatif tersebut dan kemudian mengembangkan strategi untuk pelaksanaan dan penilaian dari hasil pilihan tertsebut
* Pembelajar sepanjang hidup yang mandiri yang diperlihatkan dengan kemampuan mencari, mengorganisasikan dan memproses informasi untuk kepentingan kini dan nanti.
* Lulusan SBI harus mempunyai pribadi yang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan yang ditunjukkan dengan kesediaan menerima tugas, menentukan standar dan strategi yang tepat menyelesaikan tugas tersebut, juga secara konsisten bekerja menyelesaikan tugas tersebut, sert mampu mempertanggungjawabkan hasilnya.
* Lulusan SBI diharapkan juga bisa menjadi pemikir yang kreatif, siswa yang berani berspekulasi dengan meneliti dan mensintesakan cara-cara yang belum pernah dicoba untuk melahirkan ide baru.
* Sebagai ciri lulusan sekolah berstandar internasional lulusan sekolah ini mampu menjadi komunikator yang efektif dan efisien dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa internasional yaitu bahasa Inggris)
* Sekolah ini juga diharapkan mampu mencetak lulusan yang memiliki pribadi yang memahami dirinya sendiri sebagai hasil dari penilaian diri terhadap kepercayaan, perasaan, sikap, dan nilai-nilai yang dimilikinya dan hubungan dirinya dengan lingkungannya
* Siswa tidak hanya akan dicetak menjadi pribadi yang mandiri namun juga harus mampu bekerjasama dengan orang lain baik sebagai anggota kelompok atau pemimpin kelompok
* Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan di era global sarat dengan kompetensi ICT sehingga lulusan SNBI harus mempunyai keterampilan menggunakan sarana ICT untuk menunjang studinya.
* Perpustakaan konvensional yang dikembangkan menjadi perpustakaan elektronik (Digital electronic) akan selalu menjadi media yang dekat dengan anak karena siswa diharapkan mempunyai kebiasaan membaca dan menulis yang baik dan sekaligus pembaca dan penulis yang baik
* Sebagai syarat dari pemerintah bahwa setiap siswa SMA harus menempuh Ujian Nasional maka siswa SNBI harus menguasai materi pelajaran yang ditunjukkan dengan kelulusan Ujian Nasional di samping ujian sertifikat international untuk mata pelajaran yang diwajibkan.
* Sebagai pribadi yang harus berdampingan dalam masyarakat lulusan sekolah ini diharapkan mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sosial, fisik, dan kultural
* Wujud dari seseorang mempunyai kompetensi dan kemampuan siswa diharapkan mampu menghasilkan karya yang berkaitan dengan IPTEK, seni, sosial, atau hal positif yang lain.

PROGRAM PRIORITAS SBI SMAN 1 BLORA

1. Adaptasi kurikulum yang setaraf kurikulum Internasional
2. Pengembangan materi dan metode yang bervariasi
3. Pendampingan /outsourcing
4. Sistem Remedial Yang Terkontrol
5. Peningkatan kemampuan guru berbahasa Inggris
6. Kegiatan ekstra yang mendukung bahasa Inggris
7. Peningkatan kemampuan memecahkan soal secara mandiri
8. Peningkatan kemampuan guru mengajar dengan berbagai media
9. Kegiatan ekstra yang mendukung siswa berkarya

JABARAN KEGIATAN UNTUK TAHUN AWAL

1. Penerbitan buletin/majalah sekolah berbahasa Inggris
2. PBM yang bervariasi dengan memanfaatkan perpustakaan
3. Penyusunan adaptasi kurikulum
4. Penerapan PBM dgn memanfaatkan berbagai sumber dan media
5. Pendampingan guru (Bahasa dan Content)
6. Mengefektifkan Pembelajaran Remedial dan Program Remidi.
7. Penggunaan alat evaluasi yang bervariasi
8. Kursus bahasa Inggris untuk para guru
9. Extrakurikuler TOEFL/TOEIC
10. Extrakurikuler English conversation dan outbound
11. Tambahan jam pelajaran
12. Pelatihan ICT
13. Pelatihan metodologi
14. Extrakurikuler KIR

Dukungan dari masyarakat, pemerintah Kabupaten, pemerintah propinsi akan selalu bersinergi sehingga dambaan bahwa akan ada sekolah negeri yang terjangkau dengan sertifikasi internasional akan segera terwujud di Kota Blora.

Published in: on April 16, 2009 at 5:06 am  Comments Off on Sekolah Bertaraf Internasional  
%d bloggers like this: